More Detail

Turunkan Depresi dengan Kopi


Mengkonsumsi kopi ternyata tak hanya bermanfaat untuk menjaga mata agar tidak mengantuk. Satu lagi manfaat kopi baru-baru ini diungkap oleh para ilmuwan di Amerika. Dimana konsumsi rutin dua cangkir kopi sehari, mampu membuat kita jauh dari depresi. Hal ini yang pada akhirnya menekan keinginan seseorang untuk bunuh diri.


Sebelum mengumumkan hasil ini, sebuah penelitian telah dilakukan dan melibatkan lebih dari 200.000 relawan yang terdiri dari wanita dan pria. Dalam penelitiannya, para peneliti mencoba membandingkan antara konsumsi kopi antara 2-4 cangkir sehari dan melihat pengaruhnya pada peningkatan depresi pada seseorang. Bahan lain juga digunakan selain kopi, diantaranya cokelat, teh dan minuman ringan.

“Tidak seperti penyelidikan sebelumnya, kami mampu menilai hubungan konsumsi minuman berkafein dan non-kafein, dan kami mengidentifikasi kafein sebagai kandidat yang paling mungkin dari setiap efek perlindungan. Dan hal ini ada pada kopi, "kata pemimpin peneliti Michel Lucas, seorang peneliti di Departemen Nutrisi di HSPH.

Tekanan psikis harian membuat masyarakat modern seperti sekarang rentan mengalami depresi, ujungnya, keinginan bunuh diri meningkat, dan tak sedikit diantara mereka mengakhiri hidup secara tragis.

Fenomena ini sebenarnya bisa dicegah, dengan manajemen stress yang baik dan minum kopi. Yah, minum kopi, karena seperti dikutip dari Dailymail (26/07), kebiasaan ini dapat memangkas keinginan untuk bunuh diri sampai 50%. Hal ini sesuai dengan penelitian yang baru-baru ini dirilis oleh para ilmuwan di Harvard School of Public Health.

Terlepas dari temuan ini, penulis tidak merekomendasikan bahwa kopi bisa menjadi obat tunggal orang dengan tingkat stress tinggi. “Secara keseluruhan, hasil kami menunjukkan bahwa ada sedikit manfaat lebih lanjut untuk konsumsi di atas dua sampai tiga cangkir sehari atau 400 mg kafein per hari," para penulis menulis.
Turunkan Depresi dengan Kopi 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Turunkan Depresi dengan Kopi' On ...

Ditulis oleh: achmadrulmaulana - Tuesday, August 13, 2013

1 Komentar untuk "Turunkan Depresi dengan Kopi"