More Detail

Mempertajam Otak dengan 6 Cara Ini

Mempertajam Otak dengan 6 Cara Ini
Otak merupakan bagian terpenting dari tubuh yang perlu dijaga. Seperti halnya otot, otak dalam perkembangannya juga memerlukan latihan dan nutrisi yang cukup. Apabila tak sering dilatih atau melakukan kegiatan yang salah, sel otak cenderung mudah rusak dan menurun kualitasnya. Dikutip dari Fitnea, berikut cara untuk menjaga kesehatan otak dan melatihnya hingga usia tua. 



Hindari kegiatan yang menumpulkan otak
Beberapa kegiatan sering dapat merusak sel-sel otak. Sayangnya, sekali hancur, tanpa perubahan prilaku, otak pada dasarnya tidak bisa melakukan regenerasi. Mau tahu kegiatan apa itu? Bermain game di komputer dan menonton televisi. Jenis permainan game komputer yang adiktif akan membuat fungsi kognitif otak rusak, terlebih jika hal tersebut dilakukan secara berjam-jam setiap hari. Selain itu, menonton acara tv dengan kualitas acara yang buruk, akan memberi dampak yang sama.

Konsumsi nutrisi yang baik untuk otak
Lemak sehat dan asam lemak, seperti terkenal Omega-3 dan Omega-6 pada lemak ikan seperti salmon atau tuna akan memberi dampak positif pada otak. Seperti melindungi otak dari kerusakan, mencegah penurunan kognitif dan meregenerasi sel otak yang telah mati.
Makanan tinggi oksida juga baik dalam fungsi melindungi otak dari radikal bebas, terutama saat kita memasuki usia tua. Bahan ini bisa kita temui pada beberapa jenis makanan sayur, seperti wortel, bawang putih, brokoli, anggur atau blueberry. Selain itu, minyak zaitun sangat bermanfaat bagi kesehatan otak

Melatih otak dengan nomer dan lirik
Beberapa kegiatan sederhana telah terbukti dapat meningkatkan ketajaman otak, salah satunya belajar matematika. Mengingat angka dan rumus akan memberi dampak positif bagi ketajaman otak kita. Selain itu, menghafal lirik lagu yang kita sukai adalah menjadi cara sederhana yang menyenangkan dalam proses mempertajam otak.

Hindari Alkohol

Kerusakan otak juga sering datang dari konsumsi alkohol secara berlebihan dan moderat. Hal ini juga akan mengganggu kualitas memori Anda di otak sekaligus memperlambat fungsi mental dan mengganggu kemampuan kognitif Anda. Sehingga orang cenderung susah untuk berpikir jernih.

Belajar bahasa baru
Hal yang sama fungsinya dengan saat kita menghafal sebuah lirik lagu, menghafal kata baru akan dapat meningkatkan fungsi kognitif Anda sehingga dapat membantu mempertajam otak Anda.

Permainan pikiran
Banyak cara untuk melatih otak dengan cara ini, seperti bermain Scrabble, catur dan sebagainya. Selain dapat menjadi media relaksasi, keduanya dapat membantu mempertajam kemampuan otak Anda.
Mempertajam Otak dengan 6 Cara Ini 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Mempertajam Otak dengan 6 Cara Ini' On ...

Ditulis oleh: achmadrulmaulana - Monday, August 12, 2013

Belum ada komentar untuk "Mempertajam Otak dengan 6 Cara Ini"

Post a Comment