More Detail

Coklat Baik Untuk Kesehatan

Coklat Baik Untuk Kesehatan
Coklat,, hemp mendengar namanya saja serasa ingin memakannya, siapa yang tidak menyukai makanan yang berasal dari tumbuhan kakao ini, dari anak-anak, hingga orang tua pun menyukainya. Karena rasanya yang manis, coklat sering digunakan untuk menyatakan perasaan seseorang. Coklat dipakai sebagai perantara muda-mudi dalam menyatakan persaan mereka. 

Coklat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk mesoamerika sebagai minuman,, dengan perkembangannya coklat sudah banyak memiliki variasi, agar kita tidak bosan dalam mengkonsumsinya. Tapi tahu kah anda manfaat coklat bagi kesehatan tubuh kita,,  sekarang kita akan mengulas sedikit manfaat coklat bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut adalah manfaat coklat untuk kesehatan kita :
1. Menurunkan tekanana darah dan kolesterol

Coklat merupakan zat yang mengandung senyawa yang berpungsi untuk menenangkan syaraf-syaraf yang tegang. Dengan memakan coklat maka perasaan seseorang akan menjadi  lebih rileks, oleh sebab itu dengan memakan coklat bisa menurunkan tekanan darah

Dark chocolate telah ditunjukkan dalam studi untuk menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Dan makan coklat hitam secara teratur telah terbukti menurunkan kolesterol LDL sebanyak 10 persen.

2. Mengandung  Antioksidan Yang Tinggi

berdasarkan hasil penelitian ternyata coklat  mengandung flavanol, sejenis flavanoid yang ditemukan pada coklat. Flavanoid adalah senyawa yang terbentuk secara alamiah dalam makanan nabati dan bertindak sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

3. Mengandung  Anti-Depresi

Hasil penelitian juga membuktikan bahwa Coklat mengandung serotonin, alami anti-depresan. Dengan memakan Cokelat juga bisa  merangsang tubuh untuk memproduksi enzim endorfin, yang berperan menciptakan perasaan senang dan bahagia. Sebuah studi menemukan bahwa pencairan cokelat di mulut menghasilkan perasaan senang lebih lama. Jadi ketika anda merasa dalam keadaan stress atau tertekan sempatkan waktu untuk menikmati coklat.

4.    Mencegah Kerusakan Gigi

Banyak orang yang menganggap bahwa dengan mekakan coklat itu bisa menimbulkan kerusakan pada gigi. Sebenarnya yang membuat kerusakan pada gigi bukan coklatnya tapi gula yang terdapat pada penganan coklat. Jadi tidak masalah anda memakan coklat asalkan disiplin gosok gigi. Hasil penelitian telah menemukan bahwa dalam cokelat  terdapat zat theobromine yang bisa mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan streptokokus mutans, yaitu bakteri yang memberikan kontribusi terhadap kerusakan gigi pada rongga mulut. Jadi kata siapa coklat berbahaya? justru manfaat coklat untuk kesehatan gigi itu bagus ya.

5. Membuat Panjang Umur

Hasil penelitian yang dilakukan di Belanda yang diikuti 200 pria di atas 20 tahun, menemukan bahwa para pria yang mengkonsumsi sejumlah besar coklat, baik itu berupa dark coklat dan milk chocolate, usianya lebih lama dan telah menurunkan tingkat penyaki. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa coklat  mengandung zat yang mampu memperlambat penuaan. Konsumsi coklat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari.

Seorang nenek yang bernama Jeanne Louise Calment salah satu orang tertua dengan umur panjang yang hidup sampai usia 122  memperkuat hasil dari penelitian di Belanda tersebut. Dia  mempunyai resep panjang umur, yaitu dengan mengkonsumsi dark chocolate sebesar 2,5 pon dalam satu minggu.

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dalam mengkonsumsi coklat, tidak hanya rasanya yang di lidah tapi manfaatnya juga baik untuk kesehatan kita. (sumber by : frackasyster.com)
Coklat Baik Untuk Kesehatan 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Coklat Baik Untuk Kesehatan' On ...

Ditulis oleh: achmadrulmaulana - Sunday, July 28, 2013

Belum ada komentar untuk "Coklat Baik Untuk Kesehatan"

Post a Comment