More Detail

Robot Bartender dari Jerman

Robot Bartender dari Jerman

Jerman sepertinya tak mau kalah dari persaingan robot-robot dunia. Setelah Jepang dan China yang memamerkan robot pramusaji dan koki, Jerman memperkenalkan Carl, robot yang dapat meracik minuman sesuai pesanan atau yang lebih dikenal sebagai bartender. Carl adalah sebuah robot humanoid (Menyerupai manusia). Ia diperkenalkan di Bar and Lounge Robot di Ilmenau, Jerman Timur.

Carl diciptakan oleh insinyur Ben Schaefer yang telah menghabiskan waktu selama 23 tahun untuk membangun si robot pintar ini. Dikembangkan bersama perusahaan teknologi Jerman KUKA, Carl mulai banyak dikenal dan membuat tempatnya bekerja dikenal banyak orang di seluruh dunia.

Dalam mendesain Carl, Schaefer terinspirasi dari sebuah kisah dalam film dimana robot humanoid dan manusia dapat hidup secara berdampingan. Seperti Robot Humanoid lain, Carl memiliki tubuh seperti halnya manusia. Hanya saja kecerdasannya dirancang terbatas untuk keahlian tertentu. "Pada sistem ini, Anda dapat membiarkan imajinasi Anda berjalan liar, karena setiap langkah membuat robot kami sedikit lebih manusiawi", tulis Mr. Shaefer.

Dalam bekerja, Robot bartender ini dilengkapi dengan sabuk yang memiliki sebuah sensor khusus. Sabuk inilah yang mendeteksi setiap benda di sekitar Carl. Sehingga saat mengambil atau menuangkan minuman robot ini tidak sering menumpahkannya dan juga untuk memastikan Carl tidak melukai manusia di sekitarnya.

Kemampuan Carl tak hanya sebatas menyajikan minuman saja, Carl juga dibekali dengan kemampuan untuk berinteraksi. Dimana ia bisa juga berkomunikasi singkat dengan pelanggan yang mengambil tempat terdekat dengannya. Seperti memperkenalkan diri, atau mengutarakan pesanan ke Carl.
Robot Bartender dari Jerman 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Robot Bartender dari Jerman' On ...

Ditulis oleh: achmadrulmaulana - Friday, August 9, 2013

Belum ada komentar untuk "Robot Bartender dari Jerman"

Post a Comment