More Detail

Khasiat Buah Mengkudu

Khasiat Buah Mengkudu
Mengkudu atau nama lainnya bernama Morinda Citrifolia, di Jawa buah ini disebut Kudu, di Bali disebut Tibah, sedangkan di Hawaii disebut dengan Noni, dan masih banyak lagi sebutan untuk buah yang satu ini. Buah ini terkenal dengan baunya yang sangat menyengat, hal tersebut yang membuat buah ini jarang di minati orang. Namun dibalik baunya yang sangat menyengat terkandung khasiat yang besar didalamnya.
buah tersebut. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi masyarakat Aceh, secara tradisional, masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Karena itu, mengkudu sering ditanam di dekat rumah di pedesaan di Aceh. Selain itu mengkudu juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Berikut kandungan yang dimiliki oleh buah mengkudu yang dipercaya baik bagi kesehatan, diantaranya :
  • Scolopetin : Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.
  • Selenium : Salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu yang merupakan antioksidan yang hebat. Antioksidan biasa digunakan untuk menangkal radikal bebas yang biasa diakibatkan polusi dan lain - lain.
  • Terpenoid : Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
  • Xeronine dan Proxeronine : Zat xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif. Meski mengandung sedikit xeronine, namun mengkudu mempunyai bahan pembentuk xeronin, yaitu proxeronine dalam jumlah cukup besar.
  • Zat anti bakteri : Zat - zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi dan juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan).
  • Zat anti kanker : Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
  • Zat nutrisi : secara keseluruhan mengkudu merupakan salah satu buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. 
Sekarang sudah banyak olahan mengkudu, untuk mempermudah anda dalam mengkonsumsinya diantaranya seperti Mengkudu Teh Celup, Prime Noni, Kapsul Ment Kudu, dan Belture Mengkudu. Olahan tersebut dapat anda konsumsi untuk menjaga kesehatan anda. Mengkudu memang memiliki bau yang menyengat namun karena khasiatnya yang banyak tidak salahnya jika kita menanamnya dirumah, namun apabila tidak memiliki halaman yang luas untuk menanam buah ini kita bisa mengkonsumsi berbagai macam olahannya untuk kesehatan kita. Selamat menjalankan hidup sehat !!!!
Khasiat Buah Mengkudu 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Khasiat Buah Mengkudu' On ...

Ditulis oleh: achmadrulmaulana - Friday, July 12, 2013

Belum ada komentar untuk "Khasiat Buah Mengkudu"

Post a Comment