More Detail

Tips Agar Terhindar Dari Bau Mulut Saat Puasa

Tips Agar Terhindar Dari Bau Mulut Saat Puasa
Berpuasa memang dapat menimbulkan bau mulut yang tak sebab, dikarenakan saat berpuasa tidak ada makanan dan minuman yang kita konsumsi, sehingga tubuh kekurangan cairan dan menimbulkan bau mulut yang sedap. Bau mulut memang sangat mengganggu aktivitas kita terutama disaat kita bicara dan ngobrol dengan rekan kita, bau mulut dapat menurunkan rasa percaya diri kita, dan membuat kita malas berbicara.

Dan jangan biarkan anda untuk malas berbicara, karena membiarkan mulut anda tertutup dapat menimbulkan munculnya bakteri didalamnya, bau mulut memang tidak sepenuhnya dapat dihilangkan, namun bau mulut dapat diminimalisir dengan Tips menghilangkan bau mulut dibawah ini :

1. Daunt Mint
Saat sahur atau berbuka, kunyahlah makanan dengan bau khas seperti daun mint atau bisa juga kemangi. Selain itu dapat juga mengonsumi cengkeh, kayu manis dan biji kapulaga. Cara mengonsumsinya bisa dicampur dengan minuman Anda. Seperti dikutip Beautylish, bahan alami tersebut dapat mengusir aroma tidak sedap pada mulut.

2. Teratur Sikat Gigi & Menyikat Lidah
Saat Anda baru bangun tidur, mulut pasti berbau, hal itu karena mulut kering dan sel-sel mati menumpuk. Sehingga, menggosok gigi merupakan hal yang pertama kali harus Anda lakukan setelah bangun tidur dan sebelum pergi tidur, untuk menghilangkan kuman yang berkembang di sekitar gigi, gusi dan jangan lupa untuk menyikat lidah. The Merck Manual Online Medical Library menuliskan bahwa dengan menyikat lidah menggunakan sikat gigi dan pasta gigi dapat mengurangi bau pada napas.

Gunakan pasta gigi yang mengandung stannous fluorida atau zinc untuk memerangi mikroorganisme. Stannous fluorida dapat membuat gigi tahan dari bakteri. Sedangkan kandungan zinc dapat mengikat dan menetralisir senyawa sulfat yang menimbulkan bau mulut.

3. Yoghurt
Dikutip MSN, penelitian terbaru menemukan, makan yoghurt setiap hari dapat mengurangi tingkat penyebab bau mulut. Hal ini karena yoghurt dapat menyingkirkan bakteri. Plak pada mulut serta penyakit gusi juga bisa berkurang. Sebaiknya, pastikan yoghurt yang dikonsumsi tidak memiliki rasa dan tanpa gula (plain yoghurt).

4. Makanan Kaya Vitamin C
Jeruk, melon dan stroberi merupakan makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C akan membuat bakteri tidak hinggap di mulut. Vitamin ini juga bagus dikonsumsi agar terhindar dari penyakit gusi yang juga menjadi penyebab bau mulut.

5. Hindari Makan Bawang
Bawang merupakan makanan yang dapat membuat napas menjadi berbau. Untuk itu hindarilah makan makanan yang terlau banyak menggunakan bawang putih, merah dan bombay saat sahur.

Dengan Tips-tips yang diatas dapat membantu kita dari masalah bau mulut, dan memberikan kita kenyaman dalam menjalankan ibadah puasa.  (sumber by: wolipop.com)
Tips Agar Terhindar Dari Bau Mulut Saat Puasa 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Tips Agar Terhindar Dari Bau Mulut Saat Puasa' On ...

Ditulis oleh: achmadrulmaulana - Thursday, July 11, 2013

2 komentar untuk "Tips Agar Terhindar Dari Bau Mulut Saat Puasa"

  1. iya nih,,, Bulan Puasa bau mulut memanng sering jadi masalah,, makasih achmad infonya. . . .

    ReplyDelete