More Detail

Google menjadi Pilihan Amerika untuk Dunia Internet

Google menjadi Pilihan Amerika untuk Dunia Internet

sumber-media-rakyat.blogspot.com - AS menjadi negara favorit untuk negara internet dan sekaligus negara yang yang ditakuti dinegara manapun. Dari infrastruktur, internet, listrik dan masih banyak hal lagi yang menyangkut unsur Amerika Serikat.

Perusahaan Search Enggine atau internet yaitu Google sebuah perusahaan yang sangat besar dibidang Ternologi Informasi khususnya Internet yang semua orang sangat berperan penting dalam menungjang kehidupan di dunia seperti contoh seorang guru seberapa banyak bertambahnya ilmu dari internet coba banyangkan jika tidak ada internet dari Buku mungkin saja tapi secara ekonomi harga sebuah buku masih dibilang mahal dan seorang guru tidak akan bisa bergantung dengan hanya satu referensi saja.

Baca Berita Menarik : [Video] Makanan Sehat via Aplikasi Smartphone - VOA

Google menjadi satu alat yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat modern. Orang yang menggunakan internet, pasti butuh Google karena internet diperlukan untuk mencari informasi dan gerbang informasi tanpa batas adalah Google. Ini membuat Google yang semula adalah perusahaan kecil yang hanya menyediakan search engine (mesin pencari) bermutasi menjadi raksasa yang ada di mana-mana. 

Salah satu sukses besar Google adalah Gmail, produk e-mail yang terbaik saat ini. Mengapa e-mail menjadi incaran Google? Karena setelah orang mencari informasi, yang dibutuhkan adalah komunikasi dengan orang lain dan e-mail adalah alat komunikasi "kuno" di internet yang menjadi bagian terpenting dalam menggunakan internet. E-mail merupakan teknologi yang membunuh pengiriman surat pribadi melalui pos. Ada yang masih mengirim surat cinta berperangko?

Setelah e-mail, Google masuk ke industri online video dengan membeli YouTube dan mengembangkannya menjadi perusahaan raksasa yang skalanya sebesar Facebook. Kalau YouTube adalah negara, penduduknya nomor 3 di dunia setelah China dan India. Satu dari 2 orang pengguna internet membuka YouTube setiap bulannya. Di Indonesia saja YouTube sudah mencapai 1 miliar views setiap bulannya. YouTube menjadi pemain monopoli, tidak ada saingan yang sejajar sekelas. 

Kemudian Google masuk ke ranahnya Microsoft, yaitu masuk ke industri software. Setelah bertahun-tahun Microsoft menjadi raja sendirian di Office Software dengan MS Words dan Excel,Google menawarkan Docs yang sama fungsinya, bedanya hanya Docs harus dibuka melalui browser dan perlu konek ke internet. Docs menjadi alat yang banyak digunakan di dunia usaha dan menjadi alat kolaborasi yang penting untuk sharing dokumen. Users yang tidak menggunakan Words setiap harinya, tidak perlu beli lisensinya karena Docs tersedia gratis. 

Tidak berhenti sampai di sini, Google mau masuk ke semua kehidupan digital kita. Mereka membeli Android, mengembangkannya, dan menjadikannya satu produk yang begitu banyak dipakai orang dan begitu sering dipakai orang dalam sehari. Android adalah masa depan komputer kita, saya lihat sekarang ini kegiatan komputasi seperti menulis artikel ini bisa dilakukan dengan mudah di ponsel, edit foto sederhana bisa di ponsel, mengambil dan mengirim foto, mengirim email dan akses sosial media, semua di ponsel. Samsung bisa punya ponsel yang super canggih karena ada otaknya, yaitu Android yang menjadikan ponsel lebih berguna. Android adalah teknologi sejuta umat yang dinikmati setiap saat dan selalu ada di genggaman tangan. 

Apalagi? Hangouts dan Google+, dua produk ini digabung jadi satu dan menjadi lebih berguna daripada Facebook dan Twitter dan Instagram. Google masuk ke dunia pertemanan, mereka ingin menjadi platform kita untuk berkomunikasi dengan banyak teman kita, tempat kita untuk berbagi foto, musik, dan berbagi kehidupan. Ini membuat seluruh aspek kehidupan digital kita dimiliki olehGoogle, kita jadi semakin tergantung dan tidak bisa lepas. 

Tetapi apa yang saya tulis di atas, masih sebagian. Google masih jauh lebih besar dari kesimpulan singkat. Ini belum mencakup semua yang dilakukan oleh Google, misalnya masih ada Cloud, Maps, Music, Code, Glass, Car dan banyak lagi. Sekarang marilah kita tarik garis lurus apa yang kita lakukan di internet : kita buka browser, browser-nya Chrome, kita googling mencari informasi, kita berkomunikasi dengan teman via Gmail, kita chat dan sharing via Hangouts, kita tidak melihat TV tapi nonton YouTube, pekerjaan kantor kita ada di Docs, lalu kita keluar rumah membawa ponsel yang dimotori oleh Android, di jalan kita masih harus buka email, lihat Peta diGoogle Maps, kita beli aplikasi di Google Play Store, dan seterusnya sampai malam kita tidur. Bangun pagi alarm kita dibuat oleh Google di Androidnya. 

Lalu apa muaranya semua ini? IKLAN. Google mendapatkan uang dari iklan yang ada di hampir semua produknya. Kalau Anda sering lihat iklan kucing KakaoTalk, atau lihat iklan baju Zalora dan Berrybenka, atau melihat iklan bayinya Bilna, semua iklan itulah sasarannya Google. Jangan terkejut, tahun 2012 pendapatan Google dari iklan adalah Rp 500 triliun! Bandingkan dengan "pendapatan Pajak Indonesia di tahun yang sama" Rp 1.000 triliun . 

Sama dengan separuh pembayaran pajak seluruh rakyat Indonesia. Kenapa iklan? Karena semua perusahaan yang menjual sesuatu butuh produknya dikenal orang. Kita mau jual sepatu, paling tepat kalau jualan kita ditampilkan iklannya di orang yang mencari sepatu bukan? 

Kita bisa melihat dari angka-angka diatas dalam pertumbuhan sebuah peranan internet pada orang sangant berpengaruh sekali dan tidak dipungkiri lagi perusahaan Google menjadi Adidaya-nya didunia maya. Bisa dibilang  Google menjadi Amerikanya internet, yang menjadi pusat server internet seluruh dunia. Seluruh dunia ketika berbisnis online atau berbisnis lewat internet mereka harung mengikutu Tos atau pengaturan apa yang diterapkan Google, semua tunduk dengan kebijakan Google.

Google menjadi Pilihan Amerika untuk Dunia Internet - Seputar Informasi Lifestyle
Google menjadi Pilihan Amerika untuk Dunia Internet 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Google menjadi Pilihan Amerika untuk Dunia Internet' On ...

Ditulis oleh: achmadrulmaulana - Monday, December 9, 2013

Belum ada komentar untuk "Google menjadi Pilihan Amerika untuk Dunia Internet"

Post a Comment