More Detail

Tips Mengatasi Demam Panggung

Tips Mengatasi Demam Panggung
Rasa kurang percaya diri sering menyelimuti kita disaat sedang berada dipanggung, keringat bercucuran dan hati terasa berdebar kencang, tangan dan kaki mulai kaku, hal tersebut sering dialami oleh kebanyakan orang yang tidak terbiasa berdiri diatas panggung. Terkadang kita ingin melawan itu semua namun malah semakin bertambah perasaan tegang kita. Hal tersebut disebabkan oleh kekhawatiran, ketakutan, atau fobia yang berhubungan dengan penampilan di depan penonton atau kamera.

Berikut adalah tips untuk Mengatasi Demam Panggung :

Tenangkan Diri Anda
Sementara anda menunggu giliran, atur nafas anda. Tarik nafas dalam-dalam, keluarkan lambat-lambat. Keluarkan energi yang meletup-letup dalam dada anda melalui hembusan nafas yang teratur. Tenangkan pikiran dan emosi anda.Bila perlu pejamkan mata. Kumpulkan energi itu sebaik-baiknya. Jangan biarkan mengganggu ketenangan jiwa anda.


Berfikir Positif
Jangan membayangkan hal-hal buruk akan terjadi ketika anda di panggung, tetap tenang dan berfikir semuanya akan berhasil dan sukses, rileks dan tenang. Karena fikiran mempengaruhi kerja otak kita.


Bersikap nothing to loose
Keinginan kita untuk bersikap sebaik-baiknya mendorong munculnya perasaan grogi. Secara negatif, pikiran kita biasanya terbebani oleh ketakutan untuk membuat kesalahan, kekhawatiran akan gagal, kecemasan bila melakukan kekonyolan, dan berbagai bayangan-bayangan negatif lainnya. Sebelum anda bisa menggunakan energi grogi itu secara positif, maka terlebih dahulu anda harus menetralisir emosi-emosi negatif tersebut. Bersikaplah "nothing to loose"; tak sesuatu yang patut kita takutkan. Bila toh kita gagal, maka tidak sesuatu yang harus menjadikan kita begitu kehilangan.

Berikan Humoran yang Wajar
Lenturkan kegugupan anda dengan sebuah humor yang wajar. Anda memang perlu merencanakannya dengan baik, namun jangan sampai kehilangan spontanitas. Dan, humor terbaik yang tidak akan melukai perasaan siapa pun adalah humor tentang diri anda. (sumber by : indonesialindonesia.com)
Tips Mengatasi Demam Panggung 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Tips Mengatasi Demam Panggung' On ...

Ditulis oleh: achmadrulmaulana - Monday, July 1, 2013

Belum ada komentar untuk "Tips Mengatasi Demam Panggung"

Post a Comment