More Detail

8 Penyebab Timbulnya Lingkaran Gelap di Bawah Mata

8 Penyebab Timbulnya Lingkaran Gelap di Bawah Mata
Apa anda memiliki masalah dengan dengan lingkaran gelap di bawah mata anda??
Anda merasa sudah cukup tidur, namun lingkaran di mata anda tak kunjung hilang juga.

Semua keluhan yang anda rasakan selama ini akan kita bahas bersama-sama dengan beberapa penyebab lingkaran gelap pada mata anda.


Timbulnya lingkaran gelap di bawah mata umumnya disebabkan karena kurang tidur, kelelahan atau terlalu lama menatap layar komputer. Namun penyebabnya tidak hanya itu. Banyak kondisi lain yang membuat lingkaran gelap bawah mata muncul dan bisa jadi indikasi adanya penyakit lebih serius di dalam tubuh. Misalnya anemia, penyakit liver atau dehidrasi.

Apabila bagian bawah mata Anda menggelap atau membiru, kemungkinan proses tersebut di atas sedang terjadi. Beberapa kondisi berikut ini yang sering jadi pemicunya, seperti dikutip dari Times of India:

1. Penuaan
Kulit di sekitar mata sangat tipis dan halus. Begitu usia menua, kulit di sekitarnya jadi lebih tipis sehingga membuat pembuluh darah makin terlihat. Itulah sebabnya lingkarang hitam jadi terbentuk.

2. Kekurangan Nutrisi
Lingkarang gelap bawah mata juga bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi. Konsumsilah makanan kaya vitamin A, C, K dan E untuk membantu mengurangi tampilannya. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran beraneka warna karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Kurang Tidur dan Kelelahan
Kurang tidur dan lelah membuat kulit tampak pucat. Akibatnya, darah di bawah kulit jadi lebih terlihat dan tampak lebih biru atau lebih gelap.

4. Merokok dan Minum Alkohol
Pesta sampai larut malam, merokok dan minum minuman beralkohol bisa merusak kulit yang akan berdampak pertama kali pada area bawah mata. Lingkarang gelap bawah mata bisa menjadi tanda kalau Anda mengalami dehidrasi. Minuman beralkohol dan mengandung kafein tinggi bersifat diuretik. Yaitu menambah frekuensi buang air kecil yang membuat Anda kekurangan cairan.

5. Paparan Sinar Matahari
Terpapar sinar matahari terlalu lama bisa menyebabkan pigmentasi pada permukaan kulit dan menimbulkan lingkaran gelap bawah mata. Ada dua lapisan kulit, epidermis dan dermis. Ketika melanin terlalu banyak diproduksi di bagian epidermis, maka kulit akan terlihat cokelat. Tapi apabila sampai ke dermis maka warnanya akan menjadi biru atau biru keabuan.

6. Perubahan Hormon
Pada wanita, kulit bisa mengalami perubahan yang signifikan karena kehamilan dan menstruasi. Salah satunya adalah penggelapan di sekitar bawah mata.

7. Alergi
Setiap kondisi yang membuat mata terasa gatal bisa menyebabkan lingkarang gelap akibat gesekan tangan saat mengucek mata. Selain itu lingkarang gelap bawah mata juga bisa menandakan Anda menderita alergi terhadap makanan atau kondisi tertentu.

8. Anemia
Kekurangan zat besi adalah salah satu tanda anemia. Dan anemia merupakan penyebab paling umum timbulnya lingkaran gelap bawah mata. Untuk mengatasinya, ubahlah pola diet Anda. Perbanyak sayuran berwarna hijau dan produk susu olahan agar kebutuhan zat besi tercukupi setiap harinya. (wolipop.com)

Sekarang anda sudah mengetahui beberapa penyebab lingkaran gelap pada mata anda, sekarang anda bisa mengantisipasi untuk menghilangkan lingkaran gelap pada mata anda.
8 Penyebab Timbulnya Lingkaran Gelap di Bawah Mata 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share '8 Penyebab Timbulnya Lingkaran Gelap di Bawah Mata ' On ...

Ditulis oleh: achmadrulmaulana - Tuesday, June 25, 2013

Belum ada komentar untuk "8 Penyebab Timbulnya Lingkaran Gelap di Bawah Mata "

Post a Comment