More Detail

Tips Mengatur Keuangan

Tips Mengatur Keuangan
Boros memang sudah menjadi masalah manusia sejak dulu, apalagi kaum hawa, kebanyakan setelah melihat sale, pengeluaran uang jadi tidak terkontrol dan tidak terkendali, hal tersebut sering menjadi masalah tahunan yang tak pernah mendapat jalan keluar. Gaji yang seharusnya bisa untuk kehidupan satu bulan, namun baru dua minggu rekening tabungan sudah menipis bahkan sudah di ujung tanduk. Usia yang masih muda selalu menjadi alasan seseorang untuk malas menabung, sebenarnya kalau mau kita berfikir ulang kembali dengan usia kita yang masih muda, dan kita sudah mulai menabung sejak dini, berapa banyak tabungan yang akan kita dapatkan saat kelak kita tua nanti.

Gairah muda yang selalu ingin merasakan hal yang baru, dan keinginan memiliki yang menggebu-gebu, namun tidak diimabangi dengan keuangan yang sehat, dapat berakibat fatal nantinya. Mungkin disaat kita sedang tidak memiliki beban tanggungan apapun, kita bisa tenang membelanjakan uang yang kita punya sesuai dengan keinginan kita, dan uang yang tersisa hanya cukup untuk kebutuhan makan sehari-hari saja, akhirnya munculnya tanggungan yang tidak terduga, atau tidak direncanakan, seperti mengalami kecelakaan atau menderita penyakit, dan kita tidak dapat berbuat apa-apa untuk mengantisipasinya karena keuangan kita yang buruk dan tidak stabil. Hal tersebut tentunya tidak ingin kita alami dalam kehidupan kita, oleh karena itu kita harus pandai-pandai dalam mengatur keuangan. Berikut adalah tips dalam mengatur keuangan agar lebih stabil dan sesuai dengan apa yang kita harapakan.

Menetapkan Tujuan Keuangan
Mulailah dengan menetapkan tujuan keuangan anda, apa yang anda impikan di masa depan, dan apa yang anda cita-citakan haruslah selalu diingat dan dijadikan motivasi agar tidak terlalu muda mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting atau kurang dibutuhkan.

Buat Rencana Pengeluaran 
Kebanyakan orang menghabiskan sekitar 2/3 dari pendapatan mereka pada tiga hal penting, yakni: makanan, perumahan, dan transportasi. Adapula pembayaran utang, tabungan, biaya rumah tangga, dan barang-barang opsional seperti hiburan.

Anda sebaiknya membuat anggaran tahunan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan pembagian pos masing-masing.
 

Tahan Diri Terhadap Godaan Tawaran Penjualan 
Toko memang diciptakan untuk menguras habis kantong pembeli. Tawaran promosi seperti diskon, hadiah hiburan adalah beberapa teknik yang digunakan penjual untuk menarik konsumen.

Tapi jika kita mengetahui trik mereka, akan membuat kita bisa menahan godaan dari tawaran-tawaran tersebut. Hal lebih mudah adalah segera mengatakan tidak atas semua tawaran tersebut.
 

Lacak Pengeluaran PribadiMelacak setiap pengeluaran selama dua minggu dapat menyaring pengeluaran yang tidak perlu, seperti makanan restoran dan biaya taksi.
 

Mencari Produk Serupa yang Menawarkan Harga Lebih MurahPenetapan harga produk di sebuah toko ternyata bisa jauh lebih mahal dari harga awal produk tersebut. Jika ketika ingin membeli satu produk dan melihat harga yang lebih rendah tercantum di tempat lain, jangan ragu untuk pindah ke toko tersebut. 

Lakukan Riset Online Sebelum Mengunjungi Toko 
Situs review produk, dan gudang diskon online sering memberikan informasi tentang bagaimana dan di mana untuk menemukan penawaran terbaik.

Apalagi jika ada tawaran pengiriman gratis, bisa membuat pembelian online sebagai pilihan.
 

Cari Pendapatan Lebih dari Satu Sumber  
Pada zaman sekarang apapun bisa terjadi. Kurangnya keamanan kerja di pasar saat ini membuat siapa pun bisa kehilangan pekerjaan atau menghadapi pemotongan gaji.

Namun hal ini diperbaiki jika ada sumber penghasilan kedua. Carilah ide-ide tentang cara untuk mendapatkan lebih banyak uang.
 

Mulai Bisnis Sendiri 
Seperti di Amerika, resesi mengilhami banyak orang untuk mengeksplorasi kewirausahaan, sebagai cara untuk mengambil kembali kendali kehidupan finansial mereka.

Bahkan usaha relatif kecil, seperti blog yang menghasilkan uang melalui iklan atau kebun yang menghasilkan bunga, bisa berubah menjadi sumber keamanan finansial.
 

Negosiasikan Gaji Kembali Banyak pekerja merasa beruntung memiliki pekerjaan dalam kondisi saat ini. Namun kadang meminta kenaikan gaji dapat menjadi langkah yang lebih cerdas.

Jika Anda baru saja berganti pekerjaan, menerima promosi, atau menyadari dibayar rendah dibandingkan dengan rekan-rekan yang lain, mungkin sudah saatnya untuk duduk dengan atasan dan meminta kenaikan gaji.






Jangan Menghindar dari UtangUtang memiliki reputasi buruk karena dinilai menyebabkan kebangkrutan. Namun mengambil kredit dengan pengelolaan yang tepat ternyata dapat berguna. 
(sumber by : liputan6.com)
Tips Mengatur Keuangan 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Tips Mengatur Keuangan ' On ...

Ditulis oleh: achmadrulmaulana - Wednesday, July 10, 2013

Belum ada komentar untuk "Tips Mengatur Keuangan "

Post a Comment