More Detail

Si Ajaib Buah Kiwi


Si Ajaib Buah Kiwi
Buah Kiwi mungkin kalian sudah tidak asing lagi mendengar buah yang satu ini. Kiwi adalah sejenis buah beri dengan kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa.
Tapi apa kalian tahu apa manfaat Buah Kiwi untuk kesehatan kita? Disini kita akan sama-sama belajar tentang manfaat yang terkandung dalam Buah Kiwi tersebut.
Sayur dan buah sangat berperan terhadap kesehatan , bahkan mengkonsumsi sayur dan buah perlu dilakukan secara rutin. Hal ini karena buah dan sayur mengandung serat, vitamin, mineral, enzim pencernaan, dan air. Yang kesemuanya itu tidak dapat ditemukan secara keseluruhan pada produk makanan lain.
Hal tersebut diungkapkan Dr. Dr. Fiasturi Witjaksono, MSc. MS, Sp.GK, dokter specialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dalam kampanye ‘Feel the Difference’ kampanye edukatif untuk konsumsi buah teratur, yang digelar Zespri di Surabaya belum lama ini.
“Secara keseluruhan, kandungan buah dan sayuran tidak dapat ditemukan di suplemen. Inilah mengapa sayur dan buah perlu dikonsumsi secara teratur,” ujarnya.
Namun berdasarkan data litbang departemen pertanian, sebanyak 93,6 persen penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun masuk dalam kategori kurang makan buah dan sayur. Angka ini tentunya sangat mencengangkan mengingat banyak masyarakat Indonesia telah mengetahui bahwa pola makan yang baik adalah pola makan dengan gizi seimbang.
“Sejak dulu kita sudah mengenal penyebutan ‘empat sehat lima sempurna’ untuk pola makan dengan gizi seimbang. Namun kebanyakan dari kita masih berpandangan bahwa peran buah dan sayur hanya sebagai pelengkap, sehingga tidak dikonsumsi secara teratur,” jelasnya lagi.
Konsumsi minimal 2 porsi buah dan 3 porsi sayur setiap hari secara teratur, lanjutnya, dapat menghindarkan tubuh dari resiko kematian akibat kanker saluran cerna, penyakit jantung koroner, dan stroke.
Salah satu jenis buah yang kandungan manfaat bagi tubuh adalah kiwi.
Buah ini telah lama dikenal kaya akan vitamin C dan vitamin E. Kandungan vitamin C pada kiwi dua kai lebih tinggi dibandingkan jeruk dengan perbandingan berat (gram) yang sama. Kandungan vitamin E pada kiwi juga lima kali lebih besar dibandingkan apel dengan perbandingan berat (gram) yang sama.
“Buah kiwi juga mengandung actinidin, yakni enzim protease yang berfungsi mencerna protein sehingga lebih mudah diserap. Sehingga daya tahan atau kekebalan tubuh lebih baik,” cetusnya.
Kampanye ‘feel the difference’ sendiri merupakan ajang edukasi yang digelar Zespri untuk lebih mengenalkan manfaat buah kiwi bagi tubuh.
“Kampanye ini dilatar belakangi oleh kenyataan banyaknya penduduk Indonesia yang tidak mengkonsumsi buha dan sayur secara teratur setipa harinya. Melalui kampanye ini Zespri mengajak masyarakat untuk dapat merasakan manfaat buah kiwi Zespri dibanding buah lain dengan melihat pada nutrisi yang dikandung,” terang Yuyuh Sukmana, Market Development Manager Zespri Internasional untuk Indonesia.
Selain Surabaya, kampanye ini juga telah digelar di Jakarta dan berlanjut ke Medan dan Makassar.(centroone.com)

Nah, sekarang kita sudah tahu kan manfaat dari buah Kiwi, mulailah hidup sehat dengan mengkonsumsi buah setiap hari ya gan !!!
Si Ajaib Buah Kiwi 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Si Ajaib Buah Kiwi' On ...

Ditulis oleh: achmadrulmaulana - Wednesday, June 19, 2013

Belum ada komentar untuk "Si Ajaib Buah Kiwi"

Post a Comment